Karya-karya Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid

Karya-karya Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid
Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid, selain tergolong ulama yang berbobot dalam bidang keilmuan, beliau juga termasuk penulis dan pengarang yang produktif. Bakat dan kemampuannya tersebut tumbuh dan berkembang semenjak beliau belajar di Madrasah ash-Shaulatiyah Makkah. Akan tetapi karena kepadatan dan banyaknya acara kegiatan keagamaan dalam masyarakat yang harus diisi oleh beliau, sehingga peluang dan kesempatan beliau untuk mengarang dan memperbanyak tulisannya hampir tidak pernah ada.

Itulah sebabnya pada beberapa kesempatan beliau seringkan mengungkapkan keadaannya kepada para muridnya. Beliau teringat pada kawan seperjuangan di Madrasah ash-Shaulatiyah Makkah yang juga telah tergolong ulama besar dan pengarang terkenal seperti asy-Syaikh Zakaria Abdullah Bila, asy-Syaikh Yasin al-Faddani dan lain-lain. Mereka sekarang ini memiliki karya-karya besar dalam bidang tulis menulis (kitab).

Dalam hal ini Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid tidak pernah berkecil hati, walaupun kawan seperguruannya menonjol dalam bidang tersebut. Beliau menyadari akan hal ini, karena situasi dan kondisi kehidupan ummat dan masyarakat yang dihadapi sangat jauh berbeda, yaitu masyarakat Makkah di satu pihak dan masyarakat Indonesia di lain pihak.

Beliau pernah mengatakan: “Seandainya aku mempunyai waktu dan kesempatan yang cukup untuk menulis dan mengarang, niscaya aku akan mampu menghasilkan karangan dan tulisan-tulisan yang lebih banyak, seperti yang dimiliki Syaikh Zakaria Abdullah Bila, Syaikh Yasin Padang, Syaikh Ismail dan ulama-ulama lain tamatan Madrasah ash-Shaulatiyah Makkah.”

Dikarenakan seluruh waktu dan kehidupan beliau dimanfaatkan dan dipergunakan untuk mengajar dan berdakwah keliling untuk membina umat dalam upaya menanamkan iman dan taqwa, sehingga membuat beliau tidak memiliki cukup banyak waktu untuk menulis dan mengarang. Dan bahkan beliau tidak pernah putus semangat untuk menghabiskan waktunya berjuang demi kepentingan umat, sebagaimana ucapan dan ikrar beliau sendiri: “Aku wakafkan diriku untuk ummat.”

Sekalipun dalam keadaan yang sangat sibuk seperti itu, beliau masih menyempatkan dirinya untuk mengembangkan bakat dan kemampuannya tersebut. Bagi beliau mengarang dan tulis menulis bukanlah suatu tugas dan pekerjaan yang sulit, karena hal ini merupakan kemampuan dasar yang dianugerahkan Allah Swt. kepada beliau. Bakat dan kemampuannya inilah yang terus dibawa sehingga tumbuh dan berkembang semenjak beliau bersekolah di Madrasah ash-Shaulatiyah Makkah, sehingga tidak mengherankan apabila beliau  mendapatkan banyak pujian dari  guru-guru beliau.

Diantara karya tulis dan karangan-karangan Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid adalah:

  1. Risalat at-Tauhid (Ilmu tauhid dalam bentuk soal jawab).
  2. Sullam al-Hija Syarh Safinat an-Naja (Ilmu fiqh).
  3. Nahdhat az-Zainiyah (Ilmu faraidh dalam bentuk nadzam).
  4. At-Tuhfat al-Ampenaniyah Syarh Nahdhat az-Zainiyah (Syarah nadzam ilmu faraidh).
  5. Al-Fawakih al-Ampenaniyah (Ilmu faraidh dalam bentuk soal jawab).
  6. Mi’raj ash-Shibyan ila Sama’ ‘Ilm Bayan (Ilmu balaghah).
  7. An-Nafahat ‘ala at-Taqrirat as-Saniyah (Ilmu mushtalahul hadits).
  8. Nail al-Anfal (Ilmu tajwid).
  9. Hizb Nahdhat al-Wathan (Doa dan wirid kaum pria).Hizb Nahdhat al-Banat (Doa dan wirid kaum wanita).
  10. Shalawat Nahdhatain (Shalawat iftitah dan khatimah).
  11. Thariqat Hizb Nahdhat al-Wathan (Wirid harian).
  12. Ikhtishar Hizb Nahdhat al-Wathan (Wirid harian).
  13. Shalawat Nahdhat al-Wathan (Shalawat iftitah).
  14. Shalawat Miftah Bab Rahmatillah (Wirid dan doa).
  15. Shalawat Mab’uts Rahmatan li al-‘Alamin (Wirid dan doa).
  16. Batu Nompal (Ilmu tajwid).
  17. Anak Nunggal Taqrirat Batu Ngompal (Ilmu tajwid).
  18. Wasiat Renungan Masa I dan II (Nasihat dan petunjuk perjuangan untuk warga Nahdlatul Wathan).
  19. Dan masih banyak lagi.
Adapun karya beliau dalam benuk nasyid atau lagu perjuangan dan dakwah dalam bahasa Arab, Indonesia dan Sasak diantaranya adalah:
  1. Ta’sis NWDI (Anti Ya Pancor Biladi)
  2. \Imamuna asy-Syafi’i
  3. Ya Fata Sasak
  4. Ahlan bi Wafdi az-Zairin
  5. Tanawwar
  6. Mars Nahdlatul Wathani
  7. Bersatulah Haluan
  8. Nahdlatain
  9. Pau Gama’
  10. Dan masih banyak lagi.
Dengan banyaknya karya yang telah beliau terbitkan mencerminkan ketinggian ilmu yang dimilikinya, sehingga oleh guru-gurunya Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid mendapat pujian dan kepercayaan yang besar. Diantaranya ia pernah diberi kesempatan untuk memberikan kata pengantar dari gurunya, yakni asy-Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath.

Dalam kata pengantar yang beliau tulis untuk kitab Baqi’ah al-Mustarsyidin karya asy-Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath sambil mengutip hadits Nabi Saw. mengatakan:

“Janganlah kamu mempelajari ilmu syariat dari seseorang kecuali dari orang yang baik riwayat hidupnya dan hatinya dan kamu sekalian telah menyelidiki atas keamanahannya”

Dari asy-Syaikh Hasan Muhammad al-Masysyath inilah, beliau pernah mendapatkan risalah atau ijazah dengan seluruh isi kitabnya: “al-Irsyad bi adz-Dzikr ba’da Ma’alim al-Ijazah wa al-Ashnaf”. Dari sinilah, beliau menukil sebagian ucapan gurunya tentang kehidupan pribadinya yang mantap, tetapi tetap menganggap dirinya adalah orang yang hina dan fakir dalam pengetahuan agama.

Asy-Syaikh Muhammad al-Masysyath pernah memberikan sanjungan kepada Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid: “Demi Allah saya kagum kepada Zainuddin, kagum pada kelebihannya atas orang lain pada kebesaran yang tinggi dan kecerdasannya yang tiada tertandingi. Jasanya bersih ibarat permata menunjukkan kebersihan ayah bundanya dan karya-karya tulisnya indah lagi menawan penaka bunga-bungaan yang tumbuh di lereng pegunungan. Di lapangan ilmu ia dirikan ma’had, tetap dibanjiri thullab dab thalibat menuntut ilmu dan menggali kitab. Ia kobarkan semangat generasi muda menggapai mustawa dengan karyanya Mi’raj ash-Sibyan ila Sama’i ‘Ilm al-Bayan. Semoga Alah memanjangkan usianya dan dengan perantaraannya ia memajukan ilmu pengetahuan agama di Ampanan bumi Selaparang. Terkirimlah salam penghormatan harum semerbak bagaikan kasturi dari tanah Suci menuju “Rinjani” (Syaikh Muhammad Zainuddin Abdul Majid dalam Mi’raj ash-Sibyan ila Sama’i ‘Ilm al-Bayan).

Dengan demikian, Tuan Guru KH. Muhammad Zainuddin Abdul Majid selain dikenal sebagai ulama yang memiliki kepedulaian yang tinggi terhadap dunia pendidikan Islam, ia juga mampu menuliskan pikiran-pikirannya untuk memberikan warisan yang paling berharga bagi penerus-penerusnya.

Kunjungi http://www.facebook.com/muslimedianews Sumber MMN: http://www.muslimedianews.com/2013/09/manaqib-tuan-guru-kh-muhammad-zainuddin.html#ixzz2tvNNiDl2

Tinggalkan komentar